MR.PAMUJI


NILAI DAN NORMA DALAM MASYARAKAT
November 15, 2007, 5:29 pm
Filed under: Tak Berkategori

NILAI DAN NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT
Dalam kehidupan sehari-hari manusia dalam berinteraksi dipandu oleh nilai-nilai dan dibatasi oleh norma-norma dalam kehidupan social. Norma dan nilai pada awalnya lahir tidak disengaja , karena kebutuhan manusia sebagai makluk social dan harus berinteraksi dengan yang lain menuntut adanya suatu pedoman, pedoman itu lama kelamaan norma-norma tersebut dibuat secara sadar.

Rumusan tentang norma dan nilai menurut para tokoh pada dasarnya sama. Penulis pada kesempatan ini akan memrumuskan pengertian norma dan nilai social sebagai berikut :
Nilai sosial adalah suatu perbuatan atau tindakan yang oleh masyarakat dianggap baik. Nilai social dalam setiap masyarakat tidak selalu sama, karena nilai dimasyarakat tertentu dianggap baik tapi dapat dianggap tidak baik dimasyarakat lain.
Nilai dapat dibagai menjadi tiga bagian yaitu :
Nilai material artinya segala sesuatu yang berguna bagi manusia.
Nilai vital artinya segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat melakukan aktivitas atau kegiatan.
Nilai kerohanian artinya segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia
Nilai kerohanian ini dibagi menjadi empat macam yaitu :
nilai kebenaran/keyakinan yaitu nilai yang bersumber dari akal manusia
nilai keindahan yaitu nilai yang bersumber dari unsur rasa manusia (perasaan atau estetika)
nilai moral/kebaikan yaitu nilai yang bersumber dari unsur kehendak /kemauan(karsa,etika)
nilai relegius yaitu nilai yang bersumber dari kekyakinan atau kepercayaan manusia, yang merupakan nilai kebutuhan kerohanian yang tinggi dan mutlak
Fungsi dari nilai social
Secara umum nilai social mempunyai fungsi sebagai berikut :
Nilai berfungsi sebagai petunjuk arah
Nilai berfungsi sebagai pemersatu yang dapat mengumpulkan orang banyak dalam kesatuan atau kelaompook tertentu atau masyarakat.
Nilai social berfungsi sebagai pengawasa dengan daya tekan dan pengikat tertentu
Nilai berfungsi senbagai benteng perlindungan
Nilai berfungsi sebagai alat pendorong atau motivator

Norma social adalah suatu petunjuk hidup yang berisi larangan maupun perintah.
Yang membedakan nilai dan norma adalah nilai merupakan sesuatu yang baik, diinginkan, dicita-citakan dan dipentingkan oleh masyarakat . Sedangkan norma adalah kaidah atau pedoman , aturan berperilaku untuk mewujudkan keinginan dan cita-cita tersebut , atau boleh dikatakan nilai adalah pola yang diinginkan sedangkan norma adalah pedomana atau cara-cara untuk mencapai nilai tersebut.

Menurut kekuatan yang mengikatnya, norma dibedakan menjadi empat yaitu
Cara (usage) ; cara ini menunjuk pada bentuk perbuatan . cara ini lebih tamapak menonjol dalam hubungan antar individudalam masyrakat. Pelanggaran atau penyimpangan terhadap usage tidak menimbulkan sanksi hukum yang berat tapi hanya sekedar celaan, cemohoon, sindiran, ejekan dsb.
Kebiasaan (folkways) yaitu perbuatan yang berulang-ulang dalam bentuk yang sama dan merupakan bukti bahwa orang banyak menyukai perbuatan tersebut.
Tata kelakuan (mors) yaitu kebiasaan yang diterima sebagai norma pengatur, atau pengawas secara sadar maupun tidak sadar oleh masyarakat terhadap anggota-anggotanya.
adapt-istiadat (custum) yaitu tata kelakuan yang kekal serta kuat integrasinya dengan pola perilaku masyarakat. Anggota masyarakat yang melanggaradat-istiadat akan mendapat sanksi keras yang terkadang secara tidak langsung diperlukan.

Fungsi norma social dalam masyarakat.
Fungsi norma social dalam masyarakat secara umum sebagai berikut :
Norma merupakan factor perilaku dalam kelompok tertentu yang memungkinkan seseorang untuk menentukan terlebih dahulu bagaimana tindakan akan dinilai orang lain.
Norma merupakan aturan , pedoman, atau petunjuak hidup dengan sanksi-sanksi untuk mendorong seseorang, kelompok , dan masyarakat mencapai dan mewujudkan nilai-nilai social
Norma-norma merupaakan aturan-aturan yang tumbuh dan dan hidup dalam masyarakat sebagai unsur pengikat dan pengendali manusia dalam hidup masyarakat..

Jakarta, 20 oktober 2007

Mrpams.

About these ads

45 Komentar so far
Tinggalkan komentar

pha Lo tulisa yang d atas bsa d dwLOt
ga………..
lo bsa cara”y gmna pha

Komentar oleh yovy

di copy aja

Komentar oleh mrpams212

bisa

Komentar oleh mrpams212

, ,pak, , ,biza d tampilkan peranan nilai dan norma sosial tapi dlm bntuk poin”. . .
. .mkciie cblm’e. . .

Komentar oleh diah siwi

oke tunggu ya

Komentar oleh mrpams212

pa bisa gak kalo ditampilin juga tentang moral right dalam keperawatan?

Komentar oleh Eris Trisnawati

ya tak usahain

Komentar oleh mrpams212

paa’k toolng
di isi kan pelanggaran nilai dan norma
by ;dy curup

Komentar oleh rio valentino

oke

Komentar oleh mrpams212

[…] NILAI DAN NORMA DALAM MASYARAKAT November 15, 2007, 5:29 pm Diarsipkan di bawah: Tak Berkategori […]

Ping balik oleh Nilai dan Norma Masyarakat « afrinawatisitohang

yes

Komentar oleh mrpams212

pak boleh di beri contoh tentang nilai dan norma dalam masyarakat pada kehidupan sehari-hari

Komentar oleh choirun nisa

terima kasih referensinya pak….

Komentar oleh archie

sama-sama

Komentar oleh mrpams212

Terimakasih pak atas informasinya, moga2 saya sukses UAS nantinya

Komentar oleh ismarhenshin

oke..sama-sama

Komentar oleh mrpams212

makasi pak atas materinya

Komentar oleh محمد بجنج

ya sama-sama

Komentar oleh mrpams212

sangat senang..karna ini bis ammebuat org mengteri apa dan apa nornma;;hidup ini

Komentar oleh marthein

[…] NILAI DAN NORMA DALAM MASYARAKAT […]

Ping balik oleh meraih mimpi » Blog Archive » Norma dan Nilai

apa yang ditanya mas gambar itu menunjukan adanya nilai yaitu sesuatu yang dianggap baik/buruk, pantas dan tidak pantas …..

Komentar oleh mrpams212

Pak kenapa gambar atasnya kaya gitu ya, saya tdk mengerti..

Komentar oleh Nda

yang mana ya

Komentar oleh mrpams212

Norma Dalam kehidupan bermasyarakat itu apa

Komentar oleh hendra

norma itu aturan /petunjuk hidup yang berisi larangan atau perintah

Komentar oleh mrpams212

apa aja peran nilai dan norma dlm masyarakat?

Komentar oleh elisia rahayu

DI WEB INI SUDAH ADA KOK CARI SAJA

Komentar oleh mrpams212

kok di copy gak bisa ya pak…?

Komentar oleh Zara

DONLOAD SAJA

Komentar oleh mrpams212

mkcih ya !!!!

Komentar oleh alind

ya terima kasih

Komentar oleh mrpams212

pak,bisa sebutkan fungsi nilai?

Komentar oleh Annas Choiri Sholeh

fungsi nilai
sebagai alat pengawas/kontrol
sebagai petunjuk arah
sebagai arah tindakan dan berpikir

Komentar oleh mrpams212

makasih pak:)

Komentar oleh indah yanti

[…] NILAI DAN NORMA DALAM MASYARAKAT […]

Ping balik oleh Nilai dan Norma « syandy17

pak, bisa tampilkan fungsi nilai gak pak?

Komentar oleh Annas Choiri Sholeh

ungsi nilai
sebagai alat pengawas/kontrol
sebagai petunjuk arah
sebagai arah tindakan dan berpikir dll

Komentar oleh mrpams212

pak, bisa sebutkan fungsi nilai?

Komentar oleh Annas Choiri Sholeh

ungsi nilai
sebagai alat pengawas/kontrol
sebagai petunjuk arah
sebagai arah tindakan dan berpikir

Komentar oleh mrpams212

pak apa contoh nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat

Komentar oleh nolasagala

ada di web ini juga ada cari deh..

Komentar oleh mrpams212

makasih ats informasinya pak, ngerjakn tugasqu jd gmpang…

Komentar oleh devi kurnia wati

Oke terima kasih

Komentar oleh mrpams212

Great goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you’re just extremely excellent.
I really like what you have acquired here, really like what you’re saying and the way in which you say it. You make it entertaining and you still take care of to keep it smart. I cant wait to read much more from you. This is really a tremendous site.

Komentar oleh oakley

Terima kasih

Komentar oleh mrpams212




Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: