MR.PAMUJI


SYARAT TERJADINYA INTERAKSI SOSIAL
Desember 19, 2009, 3:27 pm
Filed under: INTERAKSI SOSIAL

SYARAT-SYARAT  TERJADINYA INTERAKSI SOSIAL

  1. Kontak sosial yaittu hubungan sosial antara individu satu dengan individu lain yang bersifat langsungn; seperti dengan sentuhan, percakapan maupun tatap muka,
  2. Komunikasi yaitu proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung  maupun dengan alat  bantu agar yang lain membeikan tanggapan atau tanggapan tertentu
  3. Tindakan sosial yaitu upaya manusia  secara individu untuk mempertahankan  dan mengembangkan  hidupnya..

Bedasarkankan tekanan dari cara  dan tujuannya  tindakan itu dilakukan : dibagi menjadi :

  • Tindakan rasional instrumental yaitu tindakan yang dilakukan dengan memperhitungkan keserasian antara cara  dan tujuan.

Contoh : memilih program jurusan di SLA  dengan mempertimbangkan bakat dan minat  dan cita-cita, tindakan  rajin belajar

supaya lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Bekerja untuk memenuhi nafkah hidup. Sanksi hukum yang tegas bagi pelanggar hukum  bukan hanya supaya  supaya jera ,

tapi orang lain kalau melanggar  sama akan dikenakan sanksi  yang sama

  • Tindakan rasional berorientasi pada nilai : Tindakan ini pelaku tidak lagi mempersalahkan tujuan dan tindakan , yang menjadi persoalan dan perhitungan pelaku adalah hanya cara.

Contoh : Seorang atlit berlatih terus karena ingin menjadi Juara.

Seorang lulusan SMA 16  giat belajar karena ingin lulus UMPTN dan sebagainya.

  • Tindakan Afektif yaitu tindakan yang dibuat-buat yang didasari oleh perasaan atau emosi  dan kepura-puraan  seseorang

Contoh : seseorang diminta melakukan pekerjaan karena ingin mendapat pujian  serta merta menyanggupinya tanpa

mengukur kemampuannya.

  • Tindakan tradisional : yaitu tindakan yang didasarkan atas kebiasaan  atau tradisi orang terdahhulu.

Contoh : seorang pedagang untuk menjaga uang hasil dagangannya  disimpan bersama bawang merah, bawang putih  dan

kemenyan

Oleh : Mr. Pamujie


26 Komentar so far
Meninggalkan komentar

rasanya kurang lengkap aja

Komentar oleh Di@lga

Memang kalau kita ingin maju kita harus selalu merasa kurang, jadi kita akan selalu mencari terus

Komentar oleh mrpams212

terimakasih….apakah sama apabila syarat terjadinya interaksi sosial dengan syarat terbentuknya sosial??mhon,penjelasan dari bapak…

Komentar oleh fatimah anzaro ifa

maksudnya apa ya terbentuknya sosial itu sifat atau kegiatan atau apa…kalimatnya belum jelas
terima kasih

Komentar oleh mrpams212

you the best.. i like you mr.pramuji…
thank you very much…

Komentar oleh IN'ZLLIEY

oke

Komentar oleh mrpams212

terima kasih sangat membantu saya ,, dalam bidang sosiologi

Komentar oleh Teuku multazam unmuha

sama-sama

Komentar oleh mrpams212

Mengapa Kontak Sosial Tanpa Komunikasi Sosial Tidak Berarti Apa-Apa??

Komentar oleh Sepri Nasrun Khoir

ya jelas karena tanpa komunikasi berarti tidak ada respon ….berarti hanya sepihak.. komunikasi itu bisa lisan , bisa tertulis.., bisa isyarkat dsb

Komentar oleh mrpams212

I Like It

Komentar oleh Uchy Jusriani

Terima kasih

Komentar oleh mrpams212

bah,nggak mutu

Komentar oleh Fuck

ya nggak apa-apa wong gitu aja kok repot..bodoh..

Komentar oleh mrpams212

makasih atas info.a : )

Komentar oleh Carly

Sama-sama

Komentar oleh mrpams212

hanya cara apa yaa ?

Komentar oleh ghyta

apa maksudnya

Komentar oleh mrpams212

Kurang lenkap

Komentar oleh Mutia Amalina

APA YANG KURANG LENGKAP

Komentar oleh mrpams212

tai banget siapa sih nech yg nulis gak jelas bgt gara-gara tulisan ini gw dapet nilai 0 benci bgt iuuuuuuuuu…….kalau gw tau siapa yg nulis gw tonjok abis-abisan….

Komentar oleh safitri handayani.

Yang jelas kamu kualat…anda kemungkinan tidak naik atau tidak lulus, dari bahasamu kamu tidak anak sekolahan… coba ingat…kata2 ini …. seumur hidupmu mudah2an Tuhan mengampuni dan menyadarkan kamu…ingat itu

Komentar oleh pamuji16

apa yang akan terjadi apabila syarat
-syarat tersebut terganggu dalam proses interaksi ?

Komentar oleh husnul khotimah

Tujuan tidak dapat secara maksimal kita capai bahkan tujuan tidak tercapai

Komentar oleh pamuji16

proses sosial itu contohnya apa?

Komentar oleh RAFFI R

Salah Satu saja ya.. biar kamu berpikir misalnya Kerjasama dll

Komentar oleh pamuji16




Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: